5 Situs Penting Untuk Memulai Jualan Online Sekarang Juga

Anak muda Indonesia saat ini sudah semakin peka terhadap perkembangan zaman. Salah satunya memanfaatkan peluang di internet. Bukan lagi hanya untuk sekedar bermain Facebook, Twitter, atau sosial media lainnya, tetapi juga untuk membangun bisnis. Buat kalian yang tertarik untuk memulai berualan secara online, nih ada beberapa platfrom menarik yang bisa dicoba.

[quote_center]#Ehloo tau gak gimana cara memulai jualan online?[/quote_center]

Kalau sudah memiliki barang, atau sudah memiliki pemasok barang yang akan dijual, tinggal memilih marketplace atau tempat untuk berjualan online yang tepat.

1.Daripada cuma spam komentar, coba masuk ke FJB

Kaskus FJB
Kaskus FJB

FJB Kaskus

Forum terbesar di Indonesia ini masih menjadi tempat potensial buat kalian memulai berjualan online. di Kaskus FJB (Forum Jual Beli), para kaskuser bisa membuat thread jualan dan menyebutkan secara rinci barang yang sedang dijual. Selain memiliki registered users yang banyak, Kaskus juga memiliki pengunjung loyal yang memang mencari barang-barang melalui kaskus FJB. Daripada cuma nyepam komentar di Kaskus, coba saja masuk ke FJB.

Klik untuk menuju Kaskus FJB

2.Semuanya gratis, pembayaran dijamin di Tokopedia

Tokopedia
Tokopedia

Berjualan mudah lewat Tokopedia Via Tokopedia

Startup asal Indonesia ini sempat menggemparkan Indonesia di akhir tahun 2014 lalu, setelah mendapatkan pendanaan sebesar 100 juta dollar untuk pengembangan. Tokopedia menyediakan platfrom yang sangat lengkap untuk masyarakat Indonesia memulai berjualan secara online. Pengguna seolah memiliki sebuah toko miliknya sendiri, yang bisa berisi berbagai macam etalase kategori barang.

Tokopedia juga menjamin keamanan bagi para pembeli, karena pembayarannya menggunakan perantara dari Tokopedia sendiri. Kalau di Kaskus, kita lebih sering menyebutnya dengan istilah “Rekber” atau Rekening Bersama.

Klik untuk mendaftar di Tokopedia

3.Jualan mudah tinggal register, OLX

OLX Indonesia
OLX Indonesia

OLX Indonesia, Via DailySocial

Situs ini juga semakin digemari masyarakat untuk mencari barang secara cepat. Kebanyakan, para penjual di OLX memang personal yang memiliki barang tidak terpakai namun masih bisa digunakan. Kategorinya juga lengkap mulai peralatan rumah tangga hingga mobil bekas.

Sayangnya, OLX tidak memiliki platfrom pembayaran sehingga keamanan user awam memang kurang terjamin karena banyak modus penipuan. Sebagai penjual, sebagian besar harus rela menyisihkan waktunya untuk ketemuan secara langsung dalam bertransaksi agar pembeli lebih aman.

Klik untuk memasang iklan di OLX

4.Surganya jualan online di Indonesia – Facebook

Facebook Untuk Jualan Online

Facebook via Jeffbullas

Sosial media terbesar di dunia ini tentu saja masih menjadi ladang emas bagi siapapun yang ingin memulai jualan online. Strateginya bermacam-macam. Ada yang membuat akun fake khusus untuk berjualan, spamming di group Facebook, atau membangun Fanpage yang kredible untuk berjualan.

Tak sedikit juga, akun personal yang biasa digunakan untuk berinteraksi dengan teman-teman menjadi tempat jualan. Tentu saja ada etika-etika yang sebaiknya dilakukan, bukan asal ngetag nama teman yang sangat mengganggu.

Sudah punya facebook kan?

5.Awalnya buat ngedit foto biar ngeksis, kini dipakai jualan juga – Instagram

Instagram
Instagram

Jualan di Instagram Via Shopious

Menurut penuturan salah satu kawan yang berjualan di Instagram, konversi penjualan di situs berbagi foto ini sangat bagus. Apalagi jika dikombinasikan dengan branding yang tepat, diisi dengan foto yang menarik dan beragam. Misalnya berjualan sepatu, yang diupload ke akun instagram bukan hanya sepatunya saja. Tetapi bisa menggunakan penjualan secara halus. Memasang foto di tempat menarik, dengan fokus utama memperlihatkan sepatu yang ingin dipromosikan, kemudian memilih #hashtag yang tepat dan efisien.

Untuk Instagram, sebenarnya bukan berbentuk situs tetapi aplikasi yang bisa didapatkan di Android, iOS, maupun Windows Phone. Karena aplikasi yang satu ini memang belum menyediakan versi web based.

Untuk memanfaatkan situs-situs diatas, kita tinggal melakukan register menggunakan email yang biasa kita pakai.

[quote_box_center]Ada pengalaman berjualan online diatas? Atau memiliki teman yang sukses berjualan online melalui platfrom itu? Share biar teman-teman yang lain mengetahuinya. [/quote_box_center]

Bagikan Pendapatmu