5 Resep Mudah Untuk Kejutkan Orang Tersayang, Dari Pancake Sampai Spaghetti

Pengen iseng main masak-masak sendiri di rumah tapi nggak mau ribet? Atau pengen romantisan sama pacar terus mau masakin tapi yang gampang-gampang aja? Nah semuanya mungkin kok kamu lakuin, soalnya kita akan bagi-bagi tips buat bikin makanan yang simple dan nggak ribet dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Yuk disimak!

Spaghetti Bolognese

food1
Source: food.com

Kata siapa sih spaghetti bolognese itu ribet? Nah kita punya nih resep yang simple buat makanan ini! Untuk serving 2 orang, dibutuhkan:

  • 500gr daging sapi cincang
  • Setengah bawang bombay utuh
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • Saus tomat
  • Saus sambal
  • Mentega/Olive Oil
  • Pasta (bebas mau apa aja, dan secukupnya yah!)
  • Air putih (untuk tambahan saus agar tidak kental) secukupnya
  • Garam dan merica
  • Keju (opsional)
  • Oregano kering (opsional)

Cara masak Spaghetti Bolognese

1. Panaskan wajan dengan api sedang, beri 1 sendok makan mentega/olive oil. Cincang bawang putih hingga halus, dan potong bawang bombay berbentuk balok-balok kecil, masak di wajan sampai wangi.

2. Masukkan daging cincang (jangan beku ya), tumis bersama bawang bombay, tunggu hingga matang. Lalu, beri garam dan merica secukupnya.

3. Setelah daging sudah mulai kecoklatan, beri saus tomat dan saus sambal secukupnya. Paling tidak sampai daging terbalur secara menyeluruh. Beri air putih secukupnya hingga saus menjadi lebih encer teksturnya.

4. Diamkan dengan api kecil selama 10-15 menit hingga saus mengental.

5. Siapkan air panas mendidih untuk pasta, beri mentega secukupnya dan garam (biar pasta jadi gurih dan tidak lengket). Jangan lupa, airnya harus mendidih dan merendam keseluruhan pasta! Jadi matangnya bisa pas, alias al dente.

6. Setelah semuanya jadi, buang air dari panci pasta, lalu taruh di piring. Setelah itu, beri saus daging di atasnya, dan kalau kamu suka berikan parutan keju dan oregano kering supaya rasanya semakin enak! Jadi deeeeh!

2. Pancake Pisang  + Saus caramel/Nutella

food2
Source: pinterest.com

Pancake pisang ini adalah versi sehat dari resep pancake biasa karena terbuat hanya dari 2 bahan saja. Yap, cuma 2 bahan! Dikit kan? Hihihi. Ini resepnya:

  • 6 buah pisang besar dan lembut
  • 2 butir telur (lebih) sesuai kebutuhan

Dikit banget kan? Nah gini cara buatnya:

  1. Potong pisang menjadi bagian-bagian kecil. Lalu hancurkan dengan menggunakan garpu sehingga terlihat seperti adonan.
  2. Masukan telur satu per satu, campur dengan adonan pisang hingga teksturnya menyerupai adonan pancake biasa. Jika masih terlalu kaku, tambahkan satu telur lagi.
  3. Di wajan dengan api sedang, beri mentega secukupnya, lalu mulai masukan adonan dan masak hingga kecoklatan.
  4. Lakukan hingga adonan habis, lalu tumpuk pancake-nya beri mentega diatasnya agar terasa gurih.
  5. Untuk pemanis, beri potongan pisang, maple syrup, atau saus caramel sesuai kesukaanmu. Pakai nutella juga enak loh! Sudah jadi deh!

3. Roti Panggang + Keju + Tomat

food3
Source: food.com

Roti panggang ini enak dan tentu saja sehat. Bahannya juga simple banget, ini dia:

  • Roti tawar secukupnya (yang gandum juga enak loh)
  • 2 buah tomat
  • Daun bawang
  • Keju quick-melt

Cuma 4 itu aja loh, tapi kalau kamu mau tambahin juga boleh kok. Cara buatnya gini nih:

  1. Kalau kamu punya toaster boleh panggang rotinya di toaster sampai agak kecoklatan. Kalau nggak punya pakai wajan aja juga bisa kok. Tinggal dikasih mentega dikit, terus panggang deh sampe agak kecoklatan juga.
  2. Nah terus kamu tiriskan dulu, terus ganti deh kamu panggang tomat dan daun bawangnya. tinggal di bolak-balik aja kok sampe agak lemes.
  3. Tiriskan lagi tomat dan daun bawangnya, terus kamu taruh lagu roti yang udah dipanggang tadi di atas wajan. Beri potongan keju quick-melt di atas roti, dan taruh tomat dan daun bawang.
  4. Tutup wajan dan kecilkan api, tunggu selama 10-15 menit sampai keju meleleh. Kalau sudah, langsung taruh aja di piring. Jadi deh! Tinggal santap, nyaaam!

4. Scrambled egg + Sosis

food4
Source: detik.com

Yang ini simple banget sekali buat kamu pasti jago. Ini adalah resep anti gagal, karena cuma goreng-goreng dikit terus jadi. Ingredients nya juga gampang, yaitu:

  • 4 butir telur
  • Susu segar
  • Garam dan merica
  • Sosis sapi/ayam
  • Tomat untuk tambahan

Dari bahan-bahan di atas, kita bisa bikin makanan yang sehat dan ngenyangin banget loh. Gini cara buatnya:

  1. Kocok telur di mangkok 3-3nya sekaligus ya. Terus beri 5 sendok makan susu segar biar telur jadi lebih creamy. Beri garam secukupnya.
  2. Siapkan wajan anti lengket, beri minyak secukupnya, dengan api sedang, masukkan telur, dan langsung di orak-arik ya. Lakukan terus hingga matang lalu tiriskan di piring.
  3. Beri mentega lagi di wajan untuk memasak sosi. Masak hingga kecoklatan. Tiriskan di piring bersama telur.
  4. Nah yang terakhir, potong tomat menjadi 2, lalu masak bagian dalamnya sampai menjadi lebih lembek. Beri garam dan merica. Setelah jadi, tiriskan bersama telur dan sosi.
  5. Beri taburan merica dan garam lagi jika mau. Lalu sudah siap dimakan deh! Gampang kan?

5. Ayam Fillet + Rempah + Lemon

Source: google.com
Source: google.com

Duuuh, yang ini sih enak banget! Keliatannya susah, tapi sebenernya gampang banget. Kalo kamu masak ini, bisa dikira kamu orang jago masak banget hihi. Bahannya juga ga banyak kok, ini aja:

  • 2-3 buah dada ayam fillet
  • Garam, merica, daun rosemary kering, oregano kering
  • 1 buah lemon atau jeruk nipis ukuran besar
  • Baby potato untuk tambahan

Cara buatnya juga gampang banget kok! Gini nih:

  1. Taburi fillet ayam dengan garam, merica, daun rosemary kering, oregano kering secukupnya. Lalu beri perasan air lemon/jeruk nipis (setengahnya aja ya).
  2. Diamkan selama 10 menit, sambil kamu menyiapkan panci untuk memasaknya. Potong-potong kentang berbentuk dadu atau dibagi dua saja, lalu di panci beri mentega dan minyak secukupnya.
  3. Masak kentang dan beri merica dan garam lagi secukupnya. Beri tutup supaya kentang bisa lunak.
  4. Di wajan, beri mentega secukupnya, lalu masak ayam hingga matang. Setelah sudah matang, masukan ayam ke panci tempat kentang dimasak. Beri potongan lemon dan masak selama beberapa menit dengan keadaan ditutup sampai semuanya menyatu.
  5. Tiriskan di piring dan sudah siap dimakan deh!

Tuh, ngga susah kan mau masak? Selamat mencoba ya, siapa tau nanti kamu bisa semakin jago buat nyobain resep-resep yang lain! Yummmmyy!


 

Jangan lupa like Fanpage Ehloo & Follow juga social media lainnya di Twitter & Instagram @ehloocom.

Bagikan Pendapatmu