Cara Merawat Sepatu Sesuai Dengan Bahannya

Punya sepatu mahal tapi nggak bisa merawatnya?

Membeli sepatu asli yang harganya bisa dibilang lumayan mahal dan kualitasnya yang sangat bagus bakalan sia-sia kalo nggak dirawat dengan benar. Dari sepatu yang cepat rusak sampai pudarnya warna asli sepatu.

Sekarang ini, bahan dan model sepatu sudah banyak dipasaran. Ada yang berbahan jeans, kanvas, suede, dan lainnya. Dari setiap jenis bahan tersebut, memiliki cara perawatan yang berbeda-beda. Merawat sepatu kulit nggak sama seperti merawat sepatu berbahan suede. Nah dibawah ini ada cara-cara untuk merawat sepatu sesuai dengan bahan dan jenisnya. Yuk cekidot!

Sepatu Berbahan Kulit

Jenis sepatu berbahan kulit punya perawatan yang khusus. Kalo sepatu digunakan setiap hari, sepatu pasti gampang terkena debu. Debu bisa dibersihkan dengan menggunakan handuk halus atau sponge. Kalo nggak dibersihkan, debu pasti semakin menempel dan malah susah buat dibersihkan. Untuk membuat sepatu kuliat selalu terlihat seperti baru, sebelum digunakan biasakan disemir terlebih dahulu. Pilih semir sepatu yang berkualitas dan sesuaikan juga warna semir dengan sepatu kulitnya.

Cara untuk merawatnya gampang banget. Intinya jangan terlalu sering digunakan, karena sepatunya lama-lama bias menekuk. Jangan juga menggunakan sikat yang kasar disaat membersihkan sepatu kulit, sikat kasar bisa membuat bahan kulit mengelupas. Yang terakhir, jangan letakan sepatu berbahan kulit ditempat yang lembab dan ditempat panas terik.

Sepatu Berbahan Suede

Merawat sepatu berbahan suede harus lebih carefull. Gunakan sikat atau handuk khusus untuk membersihkan sepatu berbahan suede yang bisa kamu beli di supermarket ataupun toko sepatu. Bisa juga menggunakan penghapus karet untuk membersihkan kotoran yang bandel. Pada saat membersihkannya, bersihkan satu arah, maksudnya kalo dari kiri ke kanan ya kiri ke kanan terus, biar bahan suede nggak cepat rusak dan juga warna sepatu tetap terjaga. Sikat dengan perlahan dan jangan ditekan terlalu keras. Jangan menggunakan detergen untuk membersihkannya, tapi gunakan cairan khusus untuk membersihkan sepatu suede.

Untuk menjaganya biar sepatu berbahan suede kamu tetap awet, jangan sampai membiarkan noda ringan menempel kelamaan, kalo dibiarkan pasti bisa mengeras disepatu dan pastinya bakalan lebih susah untuk dibersihkan. Hindari menjemur sepatu berbahan suede dibawah matahari langsung, basah cukup didiamkan aja atau diangin-anginkan sampai kering dengan sendirinya.

Sepatu Berbahan Lainnya

Sepatu berbahan lainnya seperti kanvas dan jeans, kamu pasti punya salah satunya kan? Cara merawat sepatu berbahan ini lebih mudah daripada merawat sepatu berbahan kulit atau suede. Untuk membersihkannya, cukup menggunakan sikat yang bertekstur sedang, nggak terlalu halus, juga nggak terlalu kasar. Membersihkannya juga harus searah supaya bahan sepatu lebih awet. Tapi ingat, jangan pernah merendam sepatu berbahan ini kedalam air detergen karena bias membuat sepatu mengkerut.

Itulah beberapa cara merawat sepatu kamu, sesuai dengan bahan yang digunakan. Setiap jenis bahan mempunyai cara perawatan yang berbeda-beda. Selalu perhatikan jenis sepatu yang dimiliki, jangan sampai salah membersihkan, ya!

Bagikan Pendapatmu