Siapa Bilang Sehat Itu Mahal?

Sehat itu harus dijaga baik-baik, biayanya nggak mahal kok.

Kayanya mulai sekarang kamu harus lebih memperhatikan kesehatan deh, ya karena kesehatan emang harus jadi hal utama untuk kamu biar selalu aktif dan produktif. Misal kesehatan kamu terganggu, aktifitas harian kamu bakalan berantakan.

Btw, denger kalimat “menjaga kesehatan” kayanya agak gimanaaaaa gitu, iya kan? Ditambah lagi, mindset orang-orang sekarang ini, kalo mau jaga kesehatan ya harus nge-gym, lari pake sepatu sport branded, dan lainnya. Dan kamu malah jadi cuek karena mikir jaga kesehatan itu mahal.

Eits! Tunggu dulu, sehat itu nggak harus mahal, lho! Kamu ngga perlu ngeluarin uang ratusan ribu untuk jaga kesehatan kamu sendiri. Soalnya, dengan modal beberapa ribu rupiah juga kamu udah bisa sehat. Nggak percaya? Nih buktinya:

1. Selalu bawa atau beli air putih

(source: koranyogya)
(source: koranyogya)

Simpelnya, air putih itu lebih sehat dari minuman apapun. Selain bisa membersihkan semua racun yang ada di tubuh, air putih juga bisa meningkatkan semua fungsi tubuh. Maka dari itu kamu wajib banget menambah porsi minum air putih setiap hari, minimal 8 gelas. Dan kalo kamu orang yang terbilang cukup sibuk, kamu bisa beli air putih kemasan di minimarket daripada beli minuman dingin berasa atau soda yang harganya dua kali lipat dari air mineral, lebih irit juga kan?

2. Jalan kaki atau naik sepeda

(source: express)
(source: express)

Kamu jangan terlalu kemakan iklan sepeda motor. Karena motor udah bisa dibawa pulang dengan DP ratusan ribu, bukan berarti kamu harus menggunakan sepeda motor setiap hari apalagi kalo tujuan kamu masih terbilang dekat. Mending jalan, buooosss.. Selain stamina tubuh bisa terjaga lebih baik dan sehat, otot kaki kamu jadi lebih sering di “panaskan”.

3. Makan ala-ala Food Combining

(source: thecluttershop)
(source: thecluttershop)

Food Combining itu adalah nabati dikonsumsi dengan karbohidrat, hewani dengan nabati, dan karbohidrat jangan dikonsumsi dengan hewani. Untuk menu-menunya, kamu bisa cek di google. Nah disaat kamu mengikuti pola makan ini, secara nggak langsung kamu udah menghemat pengeluaran. Coba bandingkan dengan menu makanan yang ada di fast food dengan menu food combining. Lebih murah food combining.

4. Coba bahan alami untuk obat

(source: cafejamu)
(source: cafejamu)

Kalo kamu merasa nggak enak badan, jangan langsung minum obat warung. Coba dulu dengan pengobatan tradisional kaya jamu-jamu yang bisa dibeli di pasar. Contohnya; misal kamu lagi masuk angin, kamu cuma butuh  tidur cukup dan minum air jahe hangat. Nah kan bisa sembuh dengan biaya murah. Kecuali, sakitnya parah dan mengharuskan kamu ke rumah sakit, itu lain hal!

5. Ngemil buah

(source: liputan6)
(source: liputan6)

Siapa yang nggak doyan ngemil? Siapa yang nggak doyan buah? Daripada kamu ngemil snack-snack biasa yang bisa bikin sakit kalo kebanyakan, lebih baik kamu ngemil buah. Buah apa aja bisa, selain lebih enak, buah juga kan mengandung banyak serat yang kaya akan vitamin dan mineral. Jadi, ngemil yang ini bikin sehat, nggak bikin gemuk.

Jadi, siapa bilang sehat itu mahal?

 

source

Bagikan Pendapatmu