Inilah Tempat Yang Bisa Buat Snorkeling Di Jogja

[quote_center]“Ha…emang Jogja ada tempat ya buat nyelem-nyelem gitu?”
“Ada dong”[/quote_center]

Banyak orang yang gak tahu atau tidak percaya bahwa di Jogja ada tempat buat snorkeling. Tempat-tempat ini, memang bisa dijadikan awal snorkelingmu tanpa ketakutan kamu tidak bisa berenang. Walaupun memang pada dasarnya snorkeling tidak membutuhkan kepandaikan dalam renang, intinya sih kamu berani ajah dulu tapi tetap mengikuti petunjuk dari pemandu snorkelingmu. Nah, di Jogja ini pastinya juga amana buat kamu yang belum pernah sama sekali snorkeling. Tempat-tempat ini emang cukup jauh dari pusat kota Jogja.

Pertama, kamu harus menuju ke arah Klaten selama satu jam untuk sampai ke Umbul Ponggok

umbul ponggokKamu bisa melakukan photoshoot bareng ikan-ikan air tawar via www.sharenesia.com

Tempat ini memang bukan diwilayah Jogja, tapi untuk ke Umbul Ponggok yang berada desa Ponggok, kecamatan Polan Harjo, Klaten kalian hanya membutuhkan waktu kurang lebih60 menit dari Jogja. Umbul Ponggok ini merupakan tempat snorkeling air tawar, dimana air ini merupakan mata air. Jadi jangan terkecoh dulu dengan tempat yang seperti kolam renang dari loket pembayaran masuk seharga Rp 5000/orang. Setelah kamu menyewa alat snorkeling sekitar Rp 10000 atau peralataan lain kayak kaki katak, dll dengan harga sekitar Rp5000-Rp10000 segera mendekat dan menceburkan dirimu disekitaran sumber mata air yang dipagari besi.

Spot ini memang menjadi favorit karena akan menemukan ikan-ikan air tawar yang gedhe maupun yang kecil-kecil. Nah untuk mengabdikan momen ini , kamu bisa menyewa jasa photographer atau sewa kamera underwater dengan tarif Rp 60000 untuk setengah jam dan Rp 100000 untuk satu jam dimana semua file foto bisa kamu bawa pulang asalkan kamu menyiapkan memory card atau flashdisk sebesar kuranglebh 4GB. Di tempat ini juga kamu bisa latihan diving loh.Kalian juga bisa berkreasi dengan tema unik saat foto underwater sini.

Kedua, kamu harus menuju ke Gunungkidul yang sama-sama memerlukan waktu sekitar 45 menit sampai satu jam menuju ke Pantai Sadranan

Pantai sadrananInilah Pantai Sadranan yang dijadikan spot snorkeling via jogjasnorkeling.blogspot.com

[quote_center]“Ha, ini kan pantai selatan Jawa? Masak sih bisa buat snorkeling? Aman gak nih?”[/quote_center]

Lagi-lagi pertanyaan tersebut muncul, dan tentu jawabnya bisa dan aman. Memang pantai selatan, tepatnya di beberapa pantai Gunungkidul ini, baru beberapa tahun tahun terakhir ini dibuka untuk dijadikan tempat snorkeling. Salah satunya adalah Pantai Sadranan yang masih satu pintu masuk dengan Baron dan kawan-kawan.Pantai yang beralamat di Pulegundes,Sidoharjo, Tepus ini berada di sebelah timur pantai Krakal dan sebelah barat Pantai Ngandong dan Sundak. Jalan menuju pantai Sadranan ini bisa kamu lalui jika dari Krakal menuju pantai Slili, nanti ada jalan kecil tak beraspal masuklah.Jika kalian tidak memiliki alat snorkeling, penyewaan alat snorkeling disini seharga Rp 50000 per orang. Sedangkan waktu terbaik untuk snorkeling disini adalah waktu pagi dan sore hari agar kalian bertemu ikan-ikan cantik disini.

Ketiga, masih berada di deratan pantai Gunungkidul sisi timur tepatnya sejalur dengan pantai Siung yaitu Pantai Nglambor

Snorkeling Di Pantai NglamborKamu bakal ketemu ikan ini di Pantai Nglambor via www.sobatpetualang.com

Pantai ini tergolong baru. Pantai yan berada di barat pantai Siung ini memiliki keindahan batu karang yang akan kalian lihat dari saat menginjakan kaki disini. Dua batu karang ini seakan menjadi landmark untuk pantai Nglambor. Di pantai Nglambor ini, untuk snorkeling bisa menggunkan alata snorkeling sendiri yang dibawa dari rumah atau sewa dengan harga sekitar Rp 50000. Untuk kalian yang tak bisa berenang atau baru pertama kali jangan takut pantai ini aman dan akan ada pemandu membantu kalian. Waktu terbaik untuk snorkeling disini adalah waktu pagi sebelemu jam 10 dan waktu sore sekitar jam 3 sampai jam 5. Di pantai ini kamu akan menemukan ikan-ikan yang lucu dari berbagai macam jenis. Sayangnya jarang sekali untuk bisa ketemu ikan nemo. Hanya saja, kalian bisa bertemu monyet-monyet liar jika kalian setelah selesai snorkeling kalian blusukan  ke atas bukit yang berada di pantai Nglambor.

Gimana, mau mencoba sensasi snorkeling di Jogja? Sedikit tips saja, sebelum snorkeling kalian harus melakukan pemanasan agar terhindar dari kram. Jangan pernah takut sebelum menyobanya jika ingin snorkeling. Dan untuk snorkeling di pantai Gunungkidul diusahankan kalian untu memakai alas kaki, misal pakai sepatu katak atau sepatu khusus karena karang-karang di pantai ini cukup tajam.

Bagikan Pendapatmu

Written by Risna Dianti

Pecinta pantai, penikmat mie, terkadang tersesat dalam dunia imajinasinya sendiri dan tersadarkan ketika sebuah tabokkan mendarat dengan licin dijidat yang teramat lapang melebihi lapangan baseball.