3 Cara Asik Menghabiskan Ramadhan di Kampung Orang

Ramadhan! Akhirnya, kita masih dipertemukan dengan bulan suci ini. Bulan Ramadhan dekat sekali dengan kegiatan bersama yang dilakukan dengan keluarga di kampung halaman tercinta. Mulai dari sahur bareng, buka bersama, hingga tarawih bersama. Tapi buat kamu yang harus menghabiskan bulan puasa di kampung orang tak perlu sedih, karena masih banyak kok hal-hal menarik yang bisa kamu temui saat harus menjalani ibdah puasa di perantauan.

Puasa di kampung orang buat kamu anak kuliahan yang masih ngekos, atau kamu yang kerja di kota orang memang awalnya tampak tak menarik. Kamu bakal kangen sama ibu yang menyiapkan buka puasa ini itu, persiapan sahur yang beraneka ragam, sampai membangunkan sahur di pagi buta.

Dan hal-hal semacam itu gak akan kamu temui di kota kamu yang baru. Nah, supaya kegiatan puasa kamu tetap berkesan, mungkin hal-hal berikut ini bisa kamu lakukan demi menyambut bulan puasa di kampung orang.

1. Daripada harus sendirian, gabung sama komunitas remaja masjid setempat bakal membuat puasa kamu makin berkesan

gabung sama anak masjid

gabung sama remaja masjid Via suhendrismkcan.blogspot.com

Buat kamu anak rantau, pasti merasa sepi saat harus menjalani kegiatan puasa di kamar kos. Teman-teman yang punya kegiatan dan kesibukan sendiri-sendiri serta urusan kampus atau kuliah yang tidak terlalu sibuk saat bulan Ramadhan otomatis membuat kamu sering mati gaya sendirian di kamar kosan.

Nah daripada bengong gak ada kerjaan, gak ada salahnya amu coba gabung dengan kepanitiaan pengurus atau remaja masjid setempat untuk ikutan mengurus kegiatan ramadhan. Luamyan lho, selain menambah pahala, kegiatan ini juga bisa menambah networking kamu soal teman dan (bisa jadi) calon pasangan.

2. Buka puasa sendirian memang terasa basi, coba ajak teman kos, kampus atau kantor yang lagi nganggur buat diajakin ngabuburit  bareng

ngabuburit bareng

ngabuburit bareng temen Via otosia.com

Setiap hari beli lauk cuma buat dinikmati saat buka puasa sendirian di kos meamng terasa basi. Terlebih lagi kalau kamu gak punya pacar atau temen akrab di perantauan yang sama-sama senasib harus menghabiskan puasa bukan di kampong halaman.

Solusinya, kamu bisa mengajak teman-teman kos, kantor atau kampus yang sekiranya gak punya banyak kegiatan untuk ngabuburit bareng atau sekedar merasakan buka bersama di pinggir jalan. Lumayan lho, meskipun awalnya agak garinng karena kalian belum terlalu akrab, tapi ini membuka peluang untuk mengakrabkan diri sengan sesame perantau.

3. Jika buka bersama udah terllau mainstream, coba cari event sahur bareng yang diadakan di wilayahmu 

sahur on the road

sahur on the road Via news.okezone.com

Mungkin bagi sebagian orang, event buka bersama udah terlalu sering dan biasa. Coba deh, kamu jajal ikutin event sahur bareng tau sahur on the road. Biasanya acara ini diadakan oleh sekelompok organisasi kampung atau kampus yang bergerak untuk memberikan makan sahur bagi orang-orang jalanan seperti tukang becak, anak jalanan, dan lain-lain.

Itung-itung amal, gak ada salahnya kan menjajal kegiatan ini di kampung halaman orang?

Bagikan Pendapatmu