5 Efek Tidur Dekat Smartphone, Yang Pertama Saja Sudah Bahaya!

Kecanggihan smartphone saat ini emang bener-bener bikin penggunanya gila. Mulai dari main gadget sambil makan, jalan, bahkan tidur. Smartphone emang sulit banget lepas dari genggaman, terutama saat kuota internet lagi banyak-banyaknya. Kita suka lupa diri buat gak chatting sama pacar, sahabat, atau sekedar browsing berita terbaru.

Meskipun udah dikasih tau banyak efek negatif saat menggunakan smartphone terlalu sering, tapi masih banyak lho orang yang gak bisa melepaskan si ponsel pintar ini sebelum tidur. Agenda sebelum tidur yang tadinya diisi dengan doa, harus tergantikan dengan aktivitas utak-atik ponsel yang gak ada habisnya.

Padahal, kalau kamu baca beberapa efek negatif menggenggam smartphone sebelum tidur dibawah ini, kamu bakalan mikir dua kali deh sebelum asik mempermainkannya saat akan tidur.

1. Tanpa sadar, radiasinya bisa bikin tubuh terkena tumor dan kanker

Resiko Tidur Menggunakan Smartphone
gambar : www.timeslive.co.za

Kamu yang tengah asik mainan smartphone sampai dibawa tidur mungkin enggak sadar kalau kesehatanmu sedang ternacam. Radiasi ponsel yang buruk membuat bahaya tumor dan kanker membayangimu, karena membentuk regenerasi sel yang tak wajar.

Tumor dan kanker ini gak cuma menyerang otak saja, tapi juga bagian tubuh lain yang terkena radiasi. Gak mau kan sakit di usia muda cuma gara-gara terlalu sayang sama gadget?

2. Percaya gak percaya, main smartphone sebelum tidur justru membuat tidur gak nyenyak

Tidur Menggunakan Smartphone Tidak Nyenyak
gambar : inc.com

Mungkin kamu gak tenang saat berjauhan dengan ponsel sebelum tidur, berharap ada yang ngucapin selamat tidur atau takut chatting sama grup se-geng terputus saat kamu ketiduran. Tapi, tidur berdekatan dengan smartphone membuat tidur kamu gak nyenyak lho.

Di alam bawah sadar saat kamu tidur, pikiranmu masih melayang ke beberapa hal yang kamu lakukan dengan smartphone. Entah chatting yang terputus atau game yang belum kamu selesaikan. Pokoknya kepikiran terus pas tidur, alhasil waktu dan kualitas tidurmu jadi gak maksimal.

3. Jangan heran kalau akhir-akhir ini kamu mulai pikun karena tidur bersama smartphone membuat kamu berpotensi terkena alzheimer

Tidur dengan Smartphone Membuat Pikun
gambar : dailymail.co.uk

Apa hubungan pikun dengan radiasi smartphone? Ternyata hubungannya cukup dekat lho! Penelitian membuktikan bahwa tidur berdekatan dengan radiasi ponsel bisa menyebabkan seseorang terkena alzheimer atau yang biasa dikenal dengan penyakit lupa. Hmm masa masih muda udah pikun sih?

4. Mata indah kamu cepat rusak lantaran terlalu lama menatap layar smartphone saat cahaya redup

Mata Rusak Akibat Smartphone
gambar : fortune.com

Saat menjelang tidur, kamu akan mematikan lampu dan meredupkan cahaya di kamar tidur. Nah, ini dia saatnya main hp tanpa ada yang mengganggu! Pikirmu saat itu. Tapi tau gak, rupanya kebiasaan ini bisa membuat mata kamu yang indah harus terkena keusakan mata yang cukup parah lho. Siap-siap aja beli kacamata yang tebelnya ngalahin KUHP. Mau?

5. Meskipun tidur dalam waktu cukup, tidur di dekat smartphone membuatmu lelah saat bangun keesokan harinya

Tidur Menggunakan Smartphone

Jangan harap kamu bisa bangun dengan segar keesokan harinya setelah semalaman kamu kelonin smartphone tercinta. Justru sebaliknya, kamu akan merasa lelah dan gak semangat saat bangun lantaran mata yang pedas dan kondisi tubuh yang kurang fit.

Itu dia beberapa hal yang membuat kamu harus melupakan smartphone terlebih dahulu sebelum berangkat tidur. Meskipun ada beberapa efek yang baru akan terjadi dalam jangka waktu lama, namun mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Bagikan Pendapatmu