Begini Caranya Supaya Baterai Smartphone-mu Tahan Panas

Kehadiran smartphone saat ini tak bisa terlepas dari kehidupan kita. Smartphone merupakan salah satu benda paling setia yang menemani kita sehari-hari. Mulai dari tidur sampai boker, rasanya benda yang satu ini tetap menunjukkan kesetiannya. Tapi rupanya kita sering lupa bahwa pemakaian smartphone yang berlebihan diatas wajar bisa mengakibatkan masalah yang cukup besar bagi kita. Ada banyak contoh kecelakaan yang terjadi lantaran kita tak berhati-hati saat menggunakan benda kesayangan ini.

Salah satu contohnya adalah ketika kita mengabaikan keadaan smartphone kita yang sering panas. Yang namanya benda elektronik, mau secanggih dan semahal apapun kalau udah dipakai berlebihan pasti bisa panas. Dan kalau panas smartphone ini masih kita abaikan sampai titik tertentu, bukan nggak mungkin malah membuat kita celaka dan terluka.

Lalu tindakan preventif apa sih yang bisa kita lakukan supaya smartphone kita ini tahan panas?

1. Hindari memakai baterai dan charger palsu apapun keadaannya

smartphone-panas

pakai baterai dan charger original Via lepi.web.id

Meskipun baterai asli smartphone kita rusak, jangan sampai kita malah membeli baterai palsu karena tergiur harganya yang murah. Baterai palsu merupakan salah satu penyebab smartphone gampang panas dan meledak. So, tetap gunakan baterai asli dan charger asli untuk keselamatan kita dan keawetan smartphone ya.

2. Jangan gunakan banyak aplikasi sekaligus

Ketika smartphone bekerja lebih ekstra dari yang seharusnya, kemungkinan untuk panas akan semakin besar. Kita sering tak sadar menggunakan banyak aplikasi sekaligus dan mebiarkannya berjalan, padahal ini merupakan salah satu pemicu utama smartphone panas dan gampang meledak.

3. Stabilkan sinyal saat browsing

sinyal-handphone

usahakan sinyal tetap stabil Via pricearia.com

Rupanya sinyal yang tak stabil saat browsing sedikit banyak mempengaruhi kinerja smartphone. Smartphone dipaksa untuk bekerja lebih gigi dari biasanya. Nggak heran kalau smartphone kita sering mendadak panas gara-gara ini.

4. Jangan menelepon atau sms saat sedang mengisi baterai

Kalau yang ini pasti kita semua udah tahu. Ada banyak kasus smartphone meledak saat dipakai menelpon padahal baru isi baterai. Oleh karena itu, hindari menggunakan smartphone saat sedang mengisi daya. Akan lebih baik kalau smartphone dimatikan sementara saat kita sedang mengisi baterai.

5. Gunakan aplikasi yang bisa memantau suhu panas

Aplikasi-Pendingin-Suhu-Android

manfaatkan aplikasi Via teknonetwork.com

Saat ini sudah banyak bermunculan aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu meminimalisir smartphone yang kepanasan. Bahkan kita bisa memantau panas smartphone melalui aplikasi ini. Secara garis besar, aplikasi ini bekerja sebagai alarm ketika smartphone hampir panas dan sudah digunakan lebih dari batas yang sewajarnya.

Bagikan Pendapatmu