Food Combining Saat Puasa Tetap Harus Kamu Jalankan Supaya Puasamu Lebih Sehat dan Segar

Malas menerapkan food combining yang udah berjalan saat bulan puasa tiba? Hmm sepertinya kamu salah besar. Berpikir bahwa food combining gak bisa diterapin saat puasa adalah kesalahan besar yang cukup fatal.

Menu food combining yang udah kamu terapkan sebelum puasa pun bisa rusak gara-gara ini. Bisa-bisa kamu gagal diet gara-gara belum tahu cara menerapkan food combining yang tepat saat bulan Ramadhan.

Ini nih tips food combining yang bisa tetap kamu terapkan saat bulan puasa.

Kebiasaan minum air putih serta perasan lemon setelah bangun tidur sebaiknya tetap kamu pertahankan agar segar menghadapi puasa seharian

air putih plus perasan lemon jangan lupa ya

air putih plus perasan lemon jangan lupa ya Via vemale.com

Kalau kamu terbiasa minum air putih hangat dan perasan lemon setelah bangun tidur, kebiasaan ini tetap bisa kamu jalankan waktu puasa lho. Seperti halnya hari biasa, minum air putih plus perasan lemon setelah bangun tidur membuat badan jauh lebih segar dan bersemangat menjalani ibadah puasa di bulan ini.

Potongan buah segar saat sahur dan buka berguna untuk memperlancar pencernaanmu saat puasa

potongan buah-buahan

potongan buah-buahan Via intisari-online.com

Saat buka dan sahur, jangan lupa untuk mengkonsumsi buah segar minimal 2 potong buah yang berbeda supaya nutrisi dan vitamin tubuh terpenuhi. Dan seperti biasa, buah-buahan segar ini sebaiknya kamu makan sebelum makan berat di waktu sahur dan buka.

Makanan karbo plus sayur atau protein plus sayur jadi santapan lezat 15 menit setelah konsumsi buah

karbo plus sayur tetep jadi andalan

karbo plus sayur tetep jadi andalan Via infogadogado.com

Setelah mengkonsumsi buah saat buka dan sahur, kamu juga tetap harus menyantap makanan utama supaya lebih kuat menjalani puasa. Pilih jenis makanan karbohidrat plus sayur atau protein plus sayur untuk menu makan besar. Dan yang penting, usahakan untuk makan besar 15 menit setelah makan buah ya, supaya tubuh memiliki waktu untuk mencerna buah terlebih dahulu.

Makanan manis saat berbuka tak terlalu baik untuk tubuhmu, ganti kebutuhan gula dengan buah dan sayuran segar

cemilan buah manis

cemilan buah manis Via life.viva.co.id

Kamu masih tetap boleh ngemil kok saat buka puasa. Kalau kebanyakan orang menyantap buka puasa dengan makanan manis, kamu yang menerapkan food combining juga diperbolehkan menyantap makanan manis untuk berbuka.

Tapi usahakan untuk mengkonsumsi makanan manis yang berasal dari gula asli, seperti buah dan sayur. Pilih buah dan sayur yang memiliki rasa manis asli supaya kadar gula dalam darah tetap terkontrol.

Air putih tetap menjadi senjata utama untuk menjalankan ibadah puasa

air putih tetep di hati

air putih tetep di hati Via panduanhidupsehat.com

Yang terakhir, jangan lupakan air putih untuk penyempurna program food combining yang kamu lakukan. Saat puasa, tubuh kekurangan air yang cukup banyak, oleh karena itu ganti kebutuhan cairan tersebut saat buka dan sahur dengan banyak minum air putih. Kebutuhan minimal 8 gelas air putih harus tetap terpenuhi ya. Tidak harus semuanya disaat buka dan sahur, tetapi diselingi disaat malam hari.

Selamat menjalankan ibadah puasa Fellas!

Bagikan Pendapatmu