Jangan Kira Profesi Bergengsi Ini Mendapatkan Gaji Besar Di Indonesia!

Jika kamu bercita-cita menjadi seorang profesional yang mandiri dan mapan secara finansial sepertinya kamu harus berpikir ulang jika lokasinya di Indonesia. Pasalnya saat ini belum ada kejelasan tentang standar gaji di sebuah instansi atau profesi tertentu. Bahkan profesi yang sama dengan pengalaman yang sama bisa berbeda jauh besaran gajinya jika ditilik dari lokasi kerja.

Nah, beberapa profesi ini adalah contohnya bahwa tidak semua pekerjaan bergengsi mendapatkan hasil yang setimpal.

1. Dokter

dokter

dokter, harusnya digaji tinggi Via family.fimela.com

Tahun 2013, dokter yang berpraktik di DKI Jakarta masih mendapatkan gaji yang sesuai dengan UMR yaitu Rp.2,2 juta. Dengan angka segitu tentunya berbeda jauh dengan nominal yang didapatkan para dokter di rumah sakit swasta.

Ini juga yang membuat para dokter enggan untuk bekerja di rumah sakit pemerintahan karena kondisi finansial yang tidak sesuai pekerjaan mereka. Untuk itu Ikatan Dokter Indonesia meminta mengajukan gaji sebesar Rp.15 juta/bulan untuk melayani Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

2. Perawat

perawat

perawat dedikasinya tinggi, tapi…. Via jowonews.com

Tanggung jawab yang besar namun gaji yang kecil juga dirasakan oleh para perawat. Ketidakmerataan birokrasi membuat perawat yang berada di daerah terpencil harus mendapatkan gaji yang tidak sesuai. Besaran gaji perawat di daerah hanya berkisar Rp.600 ribu/ bulan.

3. Guru

guru

apalagi guru, gaji berapapun gak sebanding dengan pengorbanannya yang bikin kita pinter Via pedidikanindonesia.com

Jaman dulu profesi ini diistilahkan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Bahkan gaji yang didapatkan pun terkadang tidak setimpal dengan dedikasi mereka mencerdaskan anak bangsa. Bagi para guru yang berada di perkotaan bisa jadi sangat beruntung dengan gaji di atas Rp. 5 juta.

Namun di daerah, masih ada guru yang di gaji Rp 2 juta/ bulan. Bahkan untu guru honorer jauh di bawah angka tersebut. Padahal di luar negeri, seorang guru bisa di gaji hingga puluhan juta untuk pekerjaannya mengajar di sekolah.

4. Reporter

reporter

profesi ini juga patut diapresiasi Via thewire.com

Tentunya kamu akan berpikir para reporter yang setiap hari mengabarkan informasi dari segala penjuru ditambah lagi eksis di layar kaca memiliki gaji yang tinggi. Tapi ternyata seorang reporter hanya mendapatkan gaji sekitar Rp 2 juta. Ini adalah nominal yang di dapat bagi reporter anyaran. Namun Aliansi Jurnalis Independen mengusulkan gaji sebesar Rp. 5 juta/bulan untuk seorang reporter.

5. Hakim

hakim

kalo hakim gajinya tinggi, gak bakal ada yang korupsi Via sinarharapan.co

Mungkin salah satu hal yang membuat hukum di Indonesia sulit untuk berdiri tegak adalah gaji hakim yang terlalu kecil hingga rentan dengan penyelewengan. Hakim di Indonesia hanya berpenghasilan sekitar Rp.10-15 juta/ bulan. Padahal tugas dan tanggung jawab yang diemban sangatlah berat. Di negara maju biasanya gaji seorang hakim sekitar Rp 200 juta.

Gimana, masih tertarik untuk menekuni profesi-profesi diatas? Jangan lupa share pendapat di kolom komentar ya!

Bagikan Pendapatmu