Punya Gaji Tinggi Bukan Berarti Kamu Bisa Jadi Orang Kaya, Kenapa?

Bekerja dan memiliki pemasukan tetap merupakan impian setiap orang dewasa. Apalagi nominal yang di dapat bisa menjamin kebutuhan hidup sehari-hari. Ini tentunya jadi kebanggaan tersendiri karena selain status sosial yang meningkat, tentunya kamu bisa masuk ke dalam kategori mapan.

Tapi kenapa kamu yang punya gaji tinggi tetap gak bisa dibilang kaya? Setiap akhir bulan seperti tidak ada sisa gaji yang bisa dinikmati. Jika hal ini terus terjadi maka gaji tinggi pun tidak jadi jaminan kamu akan kaya. Harus ada hal-hal yang dibenahi dari pola hidupmu. Bukan gaji yang tidak cukup, tapi kesalahanmu dalam memperlakukan uang. Bisa jadi kamu masih melakukan hal-hal di bawah ini.

1. Gak tau mana kebutuhan dan mana keinginan

kebutuhan-dan-keinginan

gak bisa membedakan kebutuhan dan keinginan Via dakwatuna.com

Dompet tebal kadangkala membuat kamu jadi lapar mata dan gatal ketika melihat sesuatu yang menarik. Karena memiliki uang yang cukup maka kamu membeli barang-barang yang seharusnya tidak kamu butuhkan.

Kemampuan dalam merogoh kocek menjadi kekhilafan yang menjadi dan terus menjadi hobi. Keinginan dan kebutuhan menjadi bias karena yang kamu pikirkan adalah kemampuan membelinya, bukan kemampuan mengelola pendapatan.

2. Asal keluar uang tanpa rencana matang

boros

boros Via finansiala.com

Setiap awal bulan kamu akan bergembira karena menerima gaji besar. Hal ini tidak diimbangi dengan perencanaan keuangan yang matang. Kamu tidak memisahkan berapa persen yang harus disisihkan untuk kebutuhan pokok, kebutuhan sekunder, dan lainnya. Alhasil, kamu asal saja mengeluarkan uang setiap hari semaunya.

Tentunya tidak ada batasan dan pengelolaan yang disiplin jika memperlakukan gaji seperti itu. Jangan kaget jika menjelang akhir bulan, gaji yang kamu anggap cukup tinggi bisa menguap entah kemana.

3. Belum kenalan sama investasi

investasi

gak ngerti investasi Via kompasiana.com

Uang yang ada saat ini adalah untuk saat ini karena bulan depan akan ada uang yang datang lagi. Beginilah terus prinsip hidupmu. Kamu tidak merencanakan tabungan dan investasi masa depan.

Menabung bukanlah hal yang sulit, kamu tinggal membuat rekening berbeda yang harus kamu isi setiap bulan sesaat setelah menerima gaji. Peluang investasi pun sepertinya tidak ada dalam pikiranmu sehingga gajimu hanya habis untuk keperluan sehari-hari, bukan untuk dana pensiun atau perencanaan ke depan yang lebih matang.

4. Masih sering mengandalkan pola hidup jajan diluar

jajan

sering jajan di luar Via vemale.com

Pola hidup sehari-hari yang telah mendarah daging memang sulit diubah. Kebiasaan jajan di luar tentunya akan sangat menguras kantong. Kamu lebih memilih makan siang di restoran mahal daripada menyiapkan bekal dari rumah yang tentunya lebih hemat. Sesekali bolehlah makan di luar jika keadaan memang memungkinkan, tapi jika sudah menjadi rutinitas maka jangan heran jika dihitung sebulan penuh maka uang jajan diluar bisa jadi lebih besar daripada gaji yang kamu terima.

Pemasukan yang berlimpah tentu menjadikan kita seharusnya bertambah bijak dalam mengelola uang. Tidak begitu saja dihamburkan dan melupakan pola hidup sederhana. Jika kamu masih melakukan hal-hal di atas lebih baik segera tinggalkan dan atur lagi keuanganmu agar kamu bisa menjadi orang kaya yang sesungguhnya.

Bagikan Pendapatmu