Seandainya Media Sosial Kembali Ditiadakan

Medsos atau media sosial kerapkali dihujat dan dijelek-jelekkan. Mulai dari bisa bikin kemampuan sosial yang nyata berkurang lah, bikin ketagihan, sampai bikin lupa waktu. Jiwa dan tubuh kita seolah tersedot ke dalam media sosial dan internet yang makin hari makin menyita waktu.

Tapi anehnya, meskipun dihujat di media, media sosial tetep aja eksis. Bahkan orang-orang yang menghujat medsos pun masih menggunakannya hingga sekarang. Main media sosial itu nggak selamanya jelek kok, ada beberapa hal positif yang bisa kita dapatkan dengan bergabung dengan media sosial.

Coba bayangkan jika saat ini media sosial harus dihapuskan dari kehidupan kita..

1. Komunikasi dengan orang-orang jauh dan dekat nggak akan selancar sekarang

Orang menggunakan sosialmedia

Via americasbackbone.com

Coba kalau media sosial itu nggak ada, kita nggak bakalan bisa chatting ngomongin bisnis atau kerjaan dan tugas-tugas kuliah sama temen. Kita mesti repot dateng ke rumah atau kosnya untuk membicarakan hal-hal yang sebenernya belum perlu dibicarakan langsung. Waktu dan tenaga kita ikutan terkuras bukan?

2. Kita nggak bisa mengakses info terkini, akhirnya jaman tertinggal pun balik lagi ke kehidupan kita

Saat ini kita nggak bisa cuma mengandalkan koran atau televisi untuk update berita-berita terkini. Kita butuh media sosial untuk mencari tahu info-infonya. Coba bayangkan kalau setiap detik kita harus stand by di depan tv atau baca koran, pasti ribet banget kan? Beda kalau kita dapet info langsung dari medsos soal berita hangat. Kalau yakin beritanya nggak hoax, kita bisa langsung share ke orang-orang terdekat supaya bisa ikutan update juga.

3. Kalau nggak ada medsos, kita nggak terpacu buat meng-upgrade kemampuan teknis kita di bidang teknologi

Hari gini gak ngerti teknologi? Malu dong! Secara nggak langsung, medsos menuntut kita untuk belajar lebih banyak soal hal teknis menggunakan gadget dan internet. Ini bukan hal buruk kok, justru menjadi penyemangat kita untuk terus menggali ilmu-ilmu baru.

4. Semua urusan kita bakalan lebih merepotkan dari biasanya

Medsos itu emang canggih, bisa memudahkan semua urusan kita. Tanpa sadar, urusan kita sehari-hari bisa di-back up sama media sosial lho. Coba kalau medsos itu nggak ada, kita gak bakalan bisa akses data via email. Masa cuma mau minta skrip tugas dari dosen aja mesti cabut ke kosan temen sih? Yang ada kita malah gosip disana, gak jadi ngerjain tugas.

Seperti pisau bermata dua, media sosial memiliki sisi positif dan negatif. Bagaimana kita menggunakan pisau dengan baik, sesuai kegunannya, sehingga tidak melukai kita sendiri. Jadi, bagaimana medsosmu? Sudahkah kau gunakan untuk meningkatkan kemampuan dirimu?

Featured image via itv.com

Bagikan Pendapatmu