10 Hal Yang Akan Berubah Ketika Kamu Memasuki Usia 25 Tahun

Yeaaa, akhirnya kamu memasuki usia 25 tahun. Usia yang banyak dibilang sebagai usia keramat bagi kehidupan seseorang. Kamu sudah bukan anak kecil lagi, bukan abg lagi yang bisa berbuat banyak banget hal untuk menuntunmu mencari jati diri. Di umur 25, kematangan kamu menuju kedewasaan sungguh mulai diuji.

Jadi, apa saja yang mulai berubah saat umur kamu memasuki 25 tahun?

1. Tidak asal kencan dengan siapa saja, kamu mulai sangat hati-hati dalam memilih pasangan. Makanya umur kejombloan bisa makin lama.

Sendirian

Via Lifehack

Memasuki 25 tahun, kamu sudah tidak terlalu memikirkan have fun memiliki pasangan. Apalagi bagi seorang cewe, sudah bukan waktunya hanya sekedar memiliki status pacar dan bersenang-senang tiap malam minggu datang. Kamu bukan sekedar mencari pasangan, tetapi mencari teman untuk seumur hidup.

2. Mulai berani membeli barang fashion dengan harga cukup mahal tapi sedikit, dibandingkan koleksi pakaian selemari dengan harga murah.

Membeli barang yang berkelas

Via bpando.org

Karena tuntutanmu yang semakin banyak mempertemukan dengan orang-orang cukup penting terkait pekerjaan, di umur 25 kamu juga akan lebih memperhatikan penampilan. Meski bukan berarti risih membeli pakaian yang murah, tetapi memiliki satu dua pasang pakaian yang nyaman dan sesuai menjadi hal yang cukup penting.

3. Tak lagi menyalahkan orang tua jika terjadi sesuatu dengan hidupmu. Ya, kamu mulai bisa bertanggung jawab dengan hidupmu sendiri.

Hubungan dengan Orang Tua

Via Sparknotes

Dulu saat SMA, sesuatu yang buruk terjadi di hidupmu mungkin akan banyak peran orang tua yang kamu salahkan. Entah cara mendidik mereka, pertengkaran mereka yang membuatmu muak berada di rumah, atau segala hal yang kita ada-adakan untuk menutupi tanggung jawab kita sendiri dan melemparkannya kepada orang tua.

Tetapi memasuki umur 25 tahun, kamu sadar bahwa hidupmu adalah tanggung jawabmu. Orang tuamu berperan mengantarkanmu, tetapi mereka tidak patut disalahkan atas apa yang terjadi dalam hidupmu sekarang dan kemudian. Kamu mulai dewasa.

4. Mulai lebih realistis dengan hidup, menjalani pekerjaan yang ada dan tetap menyimpan impian lama untuk diwujudkan suatu saat.

Kamu Rajin Bekerja

Via Forbes

Ketika berada di umur 25 tahun dan kamu belum mencapai apa yang kamu impikan saat ABG dulu, kini kamu mulai berpikir dan menghadapi realitas. Bahwa tidak semua hal yang kamu inginkan bisa terwujud sesuai harapan. Kamu mulai rela menjalani kehidupanmu sebagai seorang dengan pekerjaan yang mungkin belum sesuai impian. Karena di umur ini rasanya sudah tak mungkin masih meminta dari orang tua.

Meski begitu, impianmu untuk menjadi seseorang seperti yang kamu bayangkan di masa lalu akan tetap ada dalam hati. Entah, akan kamu wujudkan perlahan-lahan, atau menguap bersama kesibukan di kehidupan nyata.

5. Keuangan menjadi salah satu prioritas utama. Maka kamu mulai serius merencanakan tabungan untuk masa depan.

Menabung

Via Youcouldsave.co.uk

Saat kuliah rasanya semua dibutuhkan, dan semua penting. Buku-buku, kebutuhan untuk makalah, uang makan, bersosialisasi bersama teman-teman, dan membeli kebutuhan. Memasuki umur 25, kamu akan lebih selektif dalam membelanjakan uangmu karena sudah memiliki prioritas yang lebih jelas. Kamu hanya akan membeli sesuatu yang bermanfaat dan sangat penting untuk dimiliki.

6. Mulai belajar mengatakan ‘tidak’ untuk sesuatu yang memang tidak ingin kamu lakukan. Kamu sudah tidak ingin terlalu baik dengan semua orang. Kamu sudah punya prinsip hidup sendiri yang mungkin saja berbeda dengan orang lain.

Belajar berkata tidak

Via teensand.com

Ajakan nongkrong, ajakan dugem, atau sekedar shopping tentu masih menjadi sesuatu yang menarik. Tetapi di fase ini, kamu mulai belajar untuk mengatakan ‘tidak’ jika itu memang tidak kamu butuhkan atau inginkan. Kamu tidak harus berpura-pura untuk baik terhadap semua orang yang pada akhirnya justru membuatmu jalan di tempat dan tidak mengambil langkah hidupmu sendiri.

Kamu meyakini apa yang ada di hidupmu adalah kendalimu. Jadi ketika bersebarangan dengan orang lain, itu hanyalah jalan yang berbeda untuk menuju sesuatu yang sama, cita-cita.

7. Tak terlalu peduli dengan apa yang dipikirkan orang lain tentang kamu. Yang kamu pedulikan adalah bagaimana membuat hidupmu dan orang-orang tercintamu menjadi lebih baik di kemudian hari.

 

Man sitting on the floor and working on laptop with financial documents next to him, view from the top

Via Invoiceninja.com

Khawatir terhadap apa yang orang lain pikirkan tentang kita, adalah hal wajar yang mungkin pernah dirasakan semua orang. Kita mungkin sering stress karena merasa dihakimi atau dikiritik oleh lingkungan. Tetapi terlalu mempedulikan apa yang orang lain pikirkan atau katakan tentang kita ternyata tak banyak membantu menggapi impian. Bahkan, sangat mengganggu dan menambah beban pikiran sehari-hari.

Percaya dengan diri sendiri, adalah hal pertama dan utama yang harus dipegang untuk menapaki tangga selanjutnya.

8. Lebih rapi dari sebelum-sebelumnya. Termasuk hidup yang mulai tertata.

Style Bekerja

Via eblogline

Kamar kos kamu mulai tertata lebih rapi dari biasanya. Mulai memilah dan memilih apa yang harus terlihat dan tidak. Berpenampilan lebih rapi dan sesuai dengan kepribadian kamu, serta jadwal kehidupanmu yang mulai tertata rapi antara pekerjaan, beristirahat, dan kembali merancang mimpi di masa depan.

9. Mulai melihat bahwa bayi, anak kecil itu sangat menggemaskan dan lucu.

Bayi Itu Lucu

Via rebloggy

Ketika dulu kamu melihat bayi dan anak kecil sebagai gangguan kecil, sekarang kamu melihat mereka seperti sosok malaikat yang tiba-tiba saja bisa membawa senyum di bibir tanpa disadari. Kamu menyadari betapa setiap tingkat mereka sangat lucu dan menggemaskan. Kamu ingin memilikinya segera.

10. Tidak iri dengan apa yang temanmu miliki, dan apa yang mereka dapatkan meskipun lebih baik darimu.

Memberikan selamat

Via nationalpaydayloanrelief

Dengan senang hati kamu memberikan selamat kepada temanmu yang mendapat pekerjaan bagus. Atau mereka yang lebih dulu mapan darimu. Atau mereka yang lebih dulu menikah. Perasaan yang ada bukan iri seperti saat-saat dulu dan ingin melihat mereka susah, tetapi justru memotivasi untuk menjalani hidupmu dengan lebih baik lagi.

Kamu bukanlah gagal, kamu hanya perlu beberapa langkah lagi untuk mencapai apa yang kemarin-kemarin kamu harapkan. Kamu sudah berada di jalan yang tepat.

Kamu Akan Terus Berusaha

Via picjumbo

Berani menanggung risiko dan konsekuensi yang kamu jalani, dan semakin mantap untuk terus berusaha. Tidak semua keberhasilan bisa diraih dengan cara yang instant, atau sesuai timeline yang pernah kita tuliskan di sebuah kertas. Selama kamu terus melangkah di jalan yang tepat, kayakinanmu akan terus membantu bahwa kamu akan segera sampai.

Selamat, memasuki umur 25!

Bagikan Pendapatmu

Written by Ratna Anggana

Pecinta Jepang yang pengen berlama lama di Paris. :)