13 Hal Yang Membuat Kamu Bangga Jadi Orang Bandung

Urang mah Bandung!

Kalaupun kamu bukan warga asli Bandung, tetapi sudah cukup lama menetap di Bandung, pasti mulai merasakan hal-hal yang membuat kamu tidak pernah menyesal sudah berada di Bandung. Bandung memiliki banyak pesona menarik yang membuatmu betah tinggal disana.

Apalagi untuk kamu yang original Bandung, pasti lebih punya banyak list hal-hal yang membuatmu bangga dengan kota ini.

1. Begitu menyebut Bandung, penggemar olahraga pasti langsung terbayang dengan Bobotohnya PERSIB

Persib Bandung Kebanggaan

Via: kamusbahasasunda.com

Persib nu aing. Warga Bandung punya kebanggaan berupa klub sepak bola yang sudah banyak meraih gelar dan juara tingkat nasional. Apa lagi kalau bukan PERSIB. Dibentuk pada 14 Maret 1933, Persib Bandung memiliki penggemar fanatik yaitu bobotoh Persib. Para pendukung ini bukan hanya berasal dari Bandung saja, melainkan banyak juga pendatang yang akhirnya jatuh cinta dengan Persib dan menjadi pendukung setia dalam setiap kesempatan. Sebenarnya arti bobotoh sendiri bermakna luas, tetapi lama klamaan bobotoh semakin identik dengan supporter Persib, sehingga saat ada kata bobotoh, kemungkinan besar belakangnya PERSIB.

Meski dalam turnamen Piala Bhayangkara 2016 kemarin Persib harus menelan kekalahan dari Arema Chronus, tetapi kecintaan terhadap Persib sama sekali tak memudar bukan? Apalagi dengan rentetan prestasi yang sudah diukir sebelumnya.

2. Tamannya Bandung itu super lengkap dan kece, mulai dari Taman Jomblo sampai Taman Film aya

Taman Jomblo di Bandung

Via nadhirajihan.wordpress.com

Nih yang bikin warga Bandung makin cinta. Bandung memiliki taman-taman yang sangat menarik untuk dikunjungi sekedar melepaskan penat dari pekerjaan maupun rutinitas sehari-hari. Menikmati pemandangan hijau sambil bersosialisasi tentu jadi acara yang menarik buat kawula muda. Kang Emil juga memperhatikan nasib para jomblo dengan membuat Taman Jomblo yang didesain unik.

Bukan cuma taman Jomblo, ada Taman Musik Centrum, ada Taman Vanda, Taman Pustaka Bunga, Taman Lansia, Taman Fotografi, sampai Taman Film juga ada. Pokoknya tak kurang dari sekitar 10 taman kece dengan tema-tema menarik siap dikunjungi di Bandung.

Sok, arek kamana?

3. Nyari kulineran? Batagor dan Siomay yang enak? Ah eta mah keuciiiiill!

Siomay Enak di Bandung

Via Mozaic

Meskipun sudah banyak tersedia di tempat lain, tetap saja menikmati Batagor dan Siomay khas Bandung di Kota Bandung akan memiliki sensasi tersendiri. Seperti halnya menikmati kopi joss di angkringan Jogja. Dan nyari siomay atau Batagor yang enak di Bandung itu ga susah. Bahkan mamang yang lewat banyak yang enak lho siomay dan batagornya. Nasi Tutug Oncom dan Mie Kocok juga bisa menu jadi favorit.

4. Alun-alunnya sekarang cantik, princess jadi bisa photo-photo di rumput

Alun Alun Bandung

Via Shafiraira.com

Tahukah kamu bahwa alun-alun Bandung adalah tempat publik pertama yang menggunakan rumput sintetis di Indonesia? Iya, alun-alun yang dulu penuh dengan pedagang kaki lima itu kini sudah bersih, dengan hamparan rumput sintetis hijau yang bikin adem suasana. Makanya banyak orang Bandung yang sekarang betah banget kumpul-kumpul disini.

Untuk yang muslim, jangan takut ketinggalan ibadah karena depannya juga ada Masjid Raya Bandung.

5. Bandung donk, punya Bandros

Bandros Bandung

Via Telusurindonesia.com

Bandros atau Bandung Tour on The Bus adalah fasilitas yang disediakan oleh Pemerintahan Kota Bandung demi memanjakan wisatawan yang ingin menikmati kota Bandung dengan cara berkeliling naik bus tingkat. Diresmikan pas malam tahun baru 2014 lalu, Bandros jadi favorit wisatawan kalau ke Bandung.

Yang membanggakan lagi, kehadiran Bandros juga menginspirasi kota-kota lain untuk memiliki armada serupa. Cuman kalau mau jujur masih ada sayangnya sih, naik Bandros jadi harus hati-hati karena masih banyak kabel yang malang melintang di jalanan yang harus kamu sigap hindari.

6. Bahasa sunda itu riweuh tapi unik dan menggelitik, sok atuh coba ngomong

Selain bahasa Jawa, bahasa Sunda juga sangat unik. Memiliki tingkatan unggah ungguh atau tatakrama. Ada bahasa alus ada bahasa kasar. Bahasa yang alus juga beda lagi. Ada yang buat anak kecil, ada yang buat lebih tua sedikit, ada yang sopan banget, ada yang buat sepantaran, ada yang kasar banget.

“A, kalau mau nawarin makan ke temen gimana ya?”

“Aa, sok ngalebok atuh” kitu a nu alus.

Gitu misalnya orang luar Bandung dikerjain.

Belum lagi jatuh yang artinya bisa macem-macem

Jatuhnya Bahasa Sunda

Via Twitter

7. Punya logat sunda itu jadi kebanggaan, karena susah ilang dan gampang ketauan kalau pas ngomong

Anisa Cherrybelle Artis dari Bandung

Kalau dari wajah, mungkin hanya orang-orang tertentu yang langsung bisa nebak kamu berasal dari Bandung. Tapi kalau logat, pasti banyak banget yang susah ngilangin logat Bandung.

mah, teh, nya, da, atuh, ceunah, si, sok.

Begitu keluar kata-kata ini, ketauan deh kalau kamu orang sunda. Dari Bandung?

“Teu a, ti Tasik”

Next buat yang makin bangga sama Bandung

Bagikan Pendapatmu

Written by Ratna Anggana

Pecinta Jepang yang pengen berlama lama di Paris. :)