Berdasarkan Science, Ini Cara Merebus Telur Agar Matang Sempurna

Oh, gituuuu!

Merebus telur itu bukannya sangat mudah? Tampaknya memang seperti itu. Tapi kalau kamu adalah orang yang menyukai kesempurnaan dan perfeksionis, pasti sering kesel karena pas mencoba merebus telur tidak semudah yang dibayangkan.

Kebanyakan saat merebus telur, putih telurnya terlalu kenyal sementara kuning telurnya terlalu kering. Niatnya buat diet jadi kurang sreg karena melihat bentuk telur yang kurang sempurna.

Science dibalik merebus telur yang paling oke

Ternyata, ada ilmu dibalik cara merebus telur. Telur terdiri dari dua zat yang berbeda. Jadi membutuhkan temperatur yang berbeda pula untuk mencapai tekstur yang paling maksimal. Suhu optimal untuk putih telur adalah 180 ° F (82 ° C), dan untuk kuning telur sekitar 170 ° F (77 ° C).

Rahasianya….

Seorang Chef asal Amerika bernama J. Kenji Lopez menggunakan ilmu pengetahuan untuk mencari cara merebus telur agar matang dengan sempurna yang paling mendekati perfect. Ia merebus telur di air mendidih selama 30 detik. Kemudian, ditambahkan beberapa es batu untuk menurunkan suhunya. Setiap 30 detik sekali, dia mengambil satu telur dari air mendidih itu.

Setelah dilakukan test selama beberapa menit, ini hasil telur rebusannya :

Cara Merebus Telur Agar Matang Sempurna

Kamu paling suka bentuk yang mana? Coba ikuti cara merebus telur dari chef ini untuk mendapatkan tekstur seperti yang kamu inginkan.

Bagikan Pendapatmu

Written by Ratna Anggana

Pecinta Jepang yang pengen berlama lama di Paris. :)