Jangan Remehkan Orang Introvert Atau Kamu Akan Menyesal Kemudian

Apakah kamu merasa introvert?

Sebenarnya setiap orang memiliki sisi introvert-nya masing-masing. Hanya saja, yang membuat berbeda adalah kadar introvert dan ekstrovert nya yang membuat kecenderungannya menjadi seorang yang lebih tertutup atau lebih terbuka. Ada kalanya seorang introvert juga melakukan sesuatu yang terbuka, dan ada kalanya orang-orang yang terbuka melakukan sesuatu yang tertutup seperti halnya orang introvert dikenal secara umum.

Orang introvert, yang terkadang dianggap remeh dalam sebuah pergaulan justru memiliki banyak potensi yang mengejutkan. Taukah kalian jika banyak orang hebat di dunia ini yang ternyata memiliki kecenderungan introvert?

1. Introvert bukan berarti tidak bisa menjadi pemimpin

Ciri Ciri Orang Introvert Yang Tidak bisa Diremehkan8

Kata siapa orang yang memiliki kecenderungan introvert tidak bisa menjadi pemimpin? Abraham Lincoln, dianalisa sebagai seorang introvert menurut test MBTI. Orang yang terlihat tertutup bisa memiliki kemampuan leadership yang sangat baik saat ia mengetahui potensi dirinya. Mark Zuckerberg juga seorang yang memiliki kecenderungan classic introvert. Dia bisa terlihat tidak terlalu hangat dengan orang yang belum dikenal, tetapi sebenarnya adalah orang yang sangat ramah.

Introvert memiliki jiwa pemimpin alami yang akan keluar ketika ia sudah menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan keinginannya.

2. Orang introvert sangat fokus dalam mengerjakan sesuatu, dia tidak mudah goyah

Ciri Ciri Orang Introvert Yang Tidak bisa Diremehkan7

Mengganggu orang introvert yang sedang menjalankan misinya, seperti mengusik semut yang mengerumuni gula. Mereka adalah orang-orang yang sangat fokus dalam mengerjakan sesuatu. Jangan harap ajakan makan malam atau sekedar nonton bioskop akan mereka iyakan jika sedang ada tugas penting yang harus diselesaikan.

Terkadang, sifat ini membuat mereka dianggap sebagai orang yang anti sosial. Tetapi sebenarnya, para introvert ini hanya tidak bisa melihat hasil pekerjaan mereka standar dan biasa saja.

3. Tak banyak bicara, sekali bicara bisa membuatmu diam

Ciri Ciri Orang Introvert Yang Tidak bisa Diremehkan6

Kamu akan jarang mendengar orang-orang introvert berbicara tentang hal-hal yang umumnya digosipkan. Ia tidak peduli membicarakan siapa yang sedang menjadi trending di acara-acara gosip. Bahkan, ia tidak terlalu peduli ada gosip apa di kantor. Tetapi ketika ia memulai pembicaraan, si introvert melakukannya dengan sangat hati-hati dan bisa membuatmu diam terkagum dengan apa yang dibicarakannya.

4. Mereka memang lebih suka sendiri, tetapi jangan anggap mereka tidak punya teman

Via pinterest

Orang introvert lebih suka melakukan sesuatu sendiri. Dalam pekerjaan, orang tipe ini juga sangat produktif saat bekerja di suasana yang tenang, apalagi sendirian. Tetapi bukan berarti mereka tidak memiliki teman dalam pekerjaan maupun kehidupan. Ada beberapa orang yang sangat mereka percaya dan memiliki kedekatan emosional dalam hidup mereka.

Orang introvert menghargai kebersamaan dengan banyak orang, tetapi akan jauh lebih menghargai berbicara dari hati ke hati dengan teman dekatnya. Mereka punya sahabat sedikit, tetapi sangat dekat.

5. Menyakiti orang introvert, sama saja menyalakan bom waktu

Ciri Ciri Orang Introvert Yang Tidak bisa Diremehkan2

Orang introvert mungkin tidak akan langsung membalas perbuatanmu dengan balik mengatai atau memukul. Tetapi ia yang introverted thinking punya daya ledak hebat saat mendapat letupan semangat.

Orang introvert yang sudah mengenali dirinya, akan melampiaskan emosinya terhadap hal yang memacu dirinya lebih hebat. Ia akan bekerja semakin keras dan cerdas, hingga para pembenci mendatanginya untuk menanyakan apakah ia butuh tambahan tenaga kerja?

6. Umumnya mereka adalah pekerja keras yang diiringi keyakinan tinggi

Ciri Ciri Orang Introvert Yang Tidak bisa Diremehkan5

Meski bagi sebagian orang terlihat tidak bersemangat, tetapi jika sudah menemukan sesuatu yang sangat diinginkannya, orang introvert akan sangat bekerja keras untuk mewujudkannya. Apalagi mereka juga tidak mudah goyah dengan banyaknya peluang lain yang ada di sekitar. Mereka yakin apa yang mereka pilih adalah yang terbaik.

7. Tulus dan tidak suka berpura-pura, suka ya suka, enggak ya enggak

Menampakan muka yang gembira, riang, dengan orang yang menyebalkan akan sedikit sulit bagi orang introvert. Mereka tidak terbiasa berpura-pura menyukai sesuatu yang tidak disukainya. Kalaupun berusaha sekeras mungkin, masih akan nampak bagaimana perasaan aslinya. Itu artinya, ketika mereka menyukai sesuatu, pastilah hal itu istimewa.

8. Tidak suka buang-buang waktu nongkrong ga jelas dan tanpa tujuan

Ciri Ciri Orang Introvert Yang Tidak bisa Diremehkan3

Mengajak orang introvert untuk sekedar nongkrong tanpa ada tujuan sangatlah sulit. Mereka akan punya banyak sekali list alasan kenapa dia tidak perlu ikut. Si introvert memang akan lebih berenergi ketika dia sendirian dan tidak berada dalam keramaian. Itu juga yang membuatnya bisa lebih fokus terhadap sesuatu. Sayangnya, ini juga yang membuat mereka dianggap kurang memiliki jiwa sosial.

Kalaupun mereka menghabiskan waktu untuk kumpul-kumpul atau sekedar nongkrong yang tanpa tujuan, setelahnya mereka akan berdiam diri untuk menetralkan kembali suasana. Seperti kamu yang tidur seharian karena semalaman ga tidur.

9. Orang introvert itu loyal dan setia

Ciri Ciri Orang Introvert Yang Tidak bisa Diremehkan4

Mereka tidak banyak membuka diri terhadap lingkungan baru, ataupun terlalu berusaha memperbanyak lingkungan. Mereka sudah merasa cukup dengan dirinya sendiri, dan segelintir orang setia yang ada di dekatnya. Jadi jangan khawatir, urusan kesetiaan dan loyalitas, mereka jagonya.

 

Bagikan Pendapatmu

Written by Ratna Anggana

Pecinta Jepang yang pengen berlama lama di Paris. :)